Sebutkan Satu Kata Saja

question_mark by licoricecandytwist

question_mark by licoricecandytwist

Berdirilah di depan kelas, tanyakan secara acak kepada salah satu murid. Katakan padanya, “Sebutkan satu kata saja yang kini terlintas dalam pikiranmu,” dan amati reaksinya. Bisakah dia menjawab dengan spontan? Atau, bagikan ke seluruh kelas, masing-masing secarik kertas kecil, dan mintalah mereka menuliskan jawabannya dalam lima hitungan.

Di kelas saya, ketika pertama kali pertanyaan itu saya ajukan, yang terdengar adalah dengungan kebingungan anak-anak. Terhadap perintah yang sedemikian sederhana, berbagai pertanyaan terlontar:

Murid  : “Kata apa?”

Saya     : “Any word. Apa saja”

“Boleh binatang?”

“Anything”

“Boleh nama orang? Nama game? Dalam bahasa Inggris?….”

“Anything in your mind.’

“Maksudnya apa, sih, Bu? Kata apa saja?”

“Right. Any word.”

…and the list goes on…

Sambil terus mengiyakan pertanyaan mereka, saya berpikir serius. Awalnya, saya hanya berniat membahas hal-hal yang paling mereka sukai. Lazimnya, yang selalu dipikirkan manusia adalah hal yang mereka sukai atau takuti. Lebih dari itu, ribuan bahkan jutaan informasi telah mereka terima dalam rentang kehidupan mereka. Begitu saya meminta satu kata saja mereka kemukakan, dalam sekian menit pertama, otak seolah kosong. Bingung.

Saya mencoba menyederhanakan pertanyaannya, “Saat ini kalian sedang mikirin apa?” tapi tak banyak membantu. Mereka tahu apa maksud saya. Mereka hanya ragu, benarkah saya serius menanyakannya.  Mereka juga tak bisa spontan memutuskan, dari ribuan fakta yang mereka ketahui, kata apa yang mereka rasa paling “keren” atau paling menakutkan.

Mengapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s