Mengajar Menulis-4 (Bank Kata)

write-on-glassware nerdapproved com

write-on-glassware nerdapproved com

Sejauh yang saya temui, anak-anak yang tidak suka menulis beralasan “kehabisan kata” alias terkendala dengan terbatasnya kosa kata.

Dengan anak usia SMP, beberapa kali saya cobakan tips berikut dan relatif membantu

Bagikan masing selembar kertas bekas. Minta mereka merobeknya menjadi 10 carik kecil. Di tahap ini, rasa penasaran mereka muncul.

Ajak mereka menonton film pendek atau membahas sebuah gambar

Minta mereka menuliskan satu kata yang berhubungan dengan film atau gambar tadi di setiap carik kertas.

Kini masing-masing punya 10 kata. Sebaiknya anda juga turut melakukannya.

Kumpulkan semua kertas yang telah terisi, gundukkan di atas meja, aduk

Bagikan kembali secara acak sepuluh carik kertas ke masing-masing anak

Ajak mereka membuat setiap kata yang mereka peroleh menjadi 10 kalimat. Jika ada anak yang memperoleh kertas dengan kata yang sama, dia boleh menukarkannya dengan teman lain. Di sini mereka berbagi, saling bantu.

Buat kelompok yang terdiri dari 3-4 anak. Menulis juga bisa dilakukan oleh lebih dari satu orang.

Minta mereka menggabungkan kalimat-kalimat yang mereka miliki menjadi beberapa paragraf. Bantu mereka menyelipkan kata atau kalimat penghubung.

Tegaskan bahwa setiap paragraf yang mereka hasilkan adalah kisah yang unik

Minta mereka membacakannya di depan kelas, beri pujian

Kumpulkan kembali potongan kertas tadi ke dalam wadah, beri nama “Bank Kata”

Sediakan satu wadah lagi untuk menyimpan potongan kertas kosong dan pulpen

Kapan pun mereka “kehabisan ide,” mereka bisa “memungut ide” dari sana

Kapan pun mereka punya ide tentang apapun, mereka boleh menuliskannya, dan “menabungnya” di sana. Dengan demikian, setiap anak adalah penyumbang ide.

Akhirnya giliran tugas anda: Rangkai semua paragraf yang mereka buat menjadi kisah yang seru, milik bersama. Pajang di dinding kelas.

Sebenarnya setiap anak bisa menulis, sebagaimana semua ibu bisa menulis. Kadang, sebuah kegembiraan perlu mengawalinya.

Menulis itu pekerjaan aktif dan bisa rekreatif. Kelas menulis tidak harus selalu sepi dan dipenuhi dahi berkerut🙂

6 thoughts on “Mengajar Menulis-4 (Bank Kata)

  1. These are wonderful ideas, Anna, and your post suggests many different acitivies.Writing is so important. I teach computers but love to blog both by myself and with my students. That also encourages writing. It doesn matter if your blog is in another language as I can use google translate and it seems to do quite well with the translation. It is lovely to meet you, Anna and I look forward to working with you, your students and other teachers from Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s