Ujian Lisan Online

Mughie (12 th), ujian dengan skype

Mughie (12 th), ujian dengan skype

Ini minggu ujian praktik. Seharusnya hari ini saya hadir di sekolah dan menguji kemampuan bahasa Inggris murid-murid saya secara lisan. Ternyata, hingga sehari sebelumnya, saya masih berada ratusan kilometer dari sekolah, untuk menunggui ibu saya yang sakit. Ujian harus berlangsung di Bandung Barat, saya juga harus tetap berada sebuah rumah sakit di Solo, Jawa Tengah.

Memundurkan jadwal jelas tak mungkin, karena saya tak tahu pasti, sampai kapan saya harus di rumah sakit.

Saya putuskan untuk mengadakan ujian lisan online. Saya minta bantuan Bu Rima Hendrawati (Guru Ilmu Sosial) untuk mendampingi anak-anak di sekolah. Kami sepakat untuk menggunakan video call di Yahoo Messenger, tapi entah mengapa YM di sekolah tidak stabil dan sering log out tiba-tiba.

Saat hari menjelang siang, saya meminta Bu Rima mendownload Skype dan bersabar menanti. Akhirnya, setelah melewati berbagai kehebohan (Telepon, SMS, chat di Facebook, antrean di laboratorium rumah sakit, putri saya yang rewel minta main ayunan, sambungan internet yang aduhai)… wajah dan suara Bu Rima tampil juga di layar saya—nyaris 3 jam dari jadwal resmi hehehe.

Satu persatu anak-anak tampil di hadapan saya dan kami berbincang-bincang. Saya tak merasakan suasana ujian (karena sebenarnya saya sedang melepas rindu dengan mereka). Anak-anak juga berpendapat ujian ini “cool” hehe…

Dipikir-pikir, walau sebenarnya saya lakukan karena tak bisa hadir di sekolah, ujian online via video call semacam ini lumayan juga. Mau mencoba?

3 thoughts on “Ujian Lisan Online

Leave a Reply

