Esme Qunhua di kelas kami

This slideshow requires JavaScript.

Sesi ke-dua kelas online hari ini adalah bertemu dengan Esme Qunhua (SL)/ Jane Wilde (RL) melalui voice chat di Second Life. Dia adalah dosen sebuah universitas jurusan kependidikan di Marlboro Amerika, dan sedang menempuh program doktoral.

Untuk hadir di kelas saya, Esme harus bangun jam mulai jam 11 malam. Baik sekali dia, mau bela-belain bangun, demi anak-anak yang tak pernah dikenalnya. Pro Bono. Benar-benar guru super🙂

Setelah saya tiga kali gagal teleport, dan membuat saya deg-degan, kami bisa bertemu. Aduh senangnya, karena voice chat juga lancar. Asyiknya, Esme mengajak tiga muridnya yang juga guru-guru sekolah. Ketika saya sampaikan pada Esme bahwa avatar mereka hadir di layar kelas kami, dia segera menyapa anak-anak melalui avatarnya dengan antusias.

Murid-murid saya malu-malu tapi mau. Esme sabar membimbing anak-anak untuk berani bertanya, sampai pakai tagline “I am a docent. Ask me questions!” di atas kepalanya. Mungkin saya berlebihan, tapi saya terharu mendengar suara anak-anak belasan tahun itu terdengar di dunia virtual yang ajaib ini. Mereka masih sangat muda, tapi sudah berbicara dengan berbagai orang dengan aneka cara, melintasi benua.

Kata mereka, berbincang dengan avatar lebih santai daripada dengan skype, hehe…

Serius, hari ini saya senang sekali🙂

Lebih senang lagi ketika keesokan harinya Esme mengirimkan email ini:

“Oh Anna,
Thank you so much for taking pictures and sharing your blog with us.  This will make the experience very powerful for my students – to see the real children with which they were talking.  And to see our avatars on an Indonesian language blog!  You and I are now international educators – you and your students teaching my American students about Indonesia and my students and I teaching your students about America!  I have also posted about the experience at
Fred, Red, and Esme Go International

16 thoughts on “Esme Qunhua di kelas kami

  1. Thank you Anna and the students of your English language class. It is wonderful to share experiences with people from around the world. I believe that through these interactions we will all become kinder, better, smarter people.

    I love these pictures of you in your classroom – it adds a dimension to our experience to see the REAL people behind the avatars.

    Children – please keep in touch. I am happy to meet with you again. If the computers will cooperate I will take you on a tour of my favorite virtual places sometime.
    Esme/Jane

    • Thanks to you too, Esme… I love your email about “we are international teachers” it’s so precious for me🙂

    • Mb Andini, aku pakai menu slide yg sudah ada di wordpress, tinggal upload foto-fotonya > save di galery > insert slide. Gituuuu…:-)

  2. Thank you b ines, mb ratna, mb mieke, mb andini, apresiasinya…
    Atin: aku juga sempat mules karena gagal teleport melulu :-d

    • iya nih, Atin mau dikenalin sama Esme malah crash… gpp tar kita janjian inword aja. Esme sering hadir di SIGVE Speaker Series tiap Rabu pagi, pk 07.00 WIB🙂

  3. Mbak ana ajak saya belajar seperti murid2nya dong, kalau mau ada kelas di SL sy diajak ya, bisa lewat FB atau email. Makasih ^_^

Leave a Reply

