Telinga Jarak Jauh

Anak sulung saya, Zaky (14) sedang bersiap-siap mengikuti Ujian Biola ABRSM Royal.

Zaky Anvari

Zaky Anvari

Program latihannya cukup padat mengingat dia hanya punya waktu kurang lebih 10 bulan untuk menyiapkan diri. Kegiatan sekolahnya pun padat, ditambah cuaca yang sedang sering hujan.  Beberapa kali jadwal les harus diubah.

Terakhir sebelum libur akhir tahun, dia pun tidak berhasil datang les ke Sekolah Musik Swara Harmony.  Gurunya concern dengan time plan yang bakal meleset. Dia juga mempertimbangkan ritme latihan Zaky yang bakal zig zag karena liburan hehe…

Namun demikian, berkat teknologi, ada jalan tengah.

Zaky latihan, direkam, dan audionya dikirim melalui whatsApp ke gurunya.

Ini di balasannya, detail sekaligus teknis sekali, haha..

  • Zaky, untuk yg C# minor pas pindah posisi 3 di senar E, jempol dulu yg pindah. Plus, nantinya gak boleh putus” kayak gitu per nada. Latihannya slur 7 note in a bow aja.
  • Untuk yg B minor. Udah salah di awal. Itu bukan nada B tapi Bes. Belajar ngebedain ya^^
  • Sekali salah di awal, semuanya salah.
  • Untuk yg D major, ganti posisinya di senar A. Di nada re, langsung ke posisi 3
  • Gantinya bukan di senar E, lho ya^^
  • Untuk yg G minor, ganti posisinya bener, tapi nadanya kurang naik setengah.. Alhasil kamu selesainya di fis. Sadar gak? Hehe :p
  • F minor overall bagus.. Tapi, ganti posisinya tetep di senar A. Jangan di senar E. Baliknya, setelah pindah lagi ke posisi 3, jangan turun ke posisi 1, tapi ke jari 4 posisi 3 di senar A.. Abis itu baru boleh turun
  • A major udah bener… Tinggal falesnya doang dibenerin :p wekekekek
  • G major udah bagus banget. Falsnya tinggal sedikit pas ganti posisi aja
  • A minor paling bagus dari semua. Hehehee
  • Yg terakhir itu Es minor? Atau seharusnya E minor?
  • Kalau bener Es, berarti kamu salah gak posisi… Sama, ganti ke posisi 3 di nada re jari 1🙂

Saya tidak paham sama sekali apa maksudnya, tapi saya jawab saja:

Mantaaaap… Bu Guru canggih bener. Besok Zaky kuminta baca ini + perbaiki. Rekam lagi biar terpantau latihannya bener nggak.

Eya Grimonia

Eya Grimonia

Keesokan harinya, Zaky saya minta baca review ini dan nyengir lebar.

Whaaa… banyak yang salaaah… kok ketahuan siiih?

Dengan masukan dari gurunya, dia berusaha memperbaiki latihannya. Tentu tidak optimal.

Saya hanya bisa menemaninya latihan, dan saya buta nada. Tapi setidaknya, bagi Zaky ada points to ponder.

Mau direkam sekarang? Tanya saya.

Nggaaak! Besook… masih banyak yang salaaah…

Haha…

Teknologi itu cantik, bermanfaat.

Saya pemiliknya, dan saya memilih untuk mengendalikannya.

Ketika menulis artikel ini saya kembali melongo menatap penjelasan sang guru. Kok bisa, ya, telinga setajam itu…

Oh, ya. Nama guru itu Eya Grimonia.

One thought on “Telinga Jarak Jauh

Leave a Reply

