Pelatihan Course Networking di Sinar Cendekia

Sabtu, 5 Januari 2013

Presentasi CN

Presentasi CN

Workshop tentang Course Networking (CN) mengawali tahun ini. Ines Puspita dan saya berkunjung ke Sinar Cendekia, sebuah sekolah bernuansa Islam dengan wawasan global. Ibu Kusuma Dewi, kepala sekolahnya, menyambut kami dengan informasi tentang program belajar di sekolah ini.

Wow! Di sisi bilangan Serpong, Tangerang Selatan, ada sebuah sekolah yang sudah maju dalam berbagai aspek, termasuk distance learning dengan siswa di sejumlah negara. Sebuah terobosan yang berani untuk sekolah yang baru dua tahun berdiri.

Wifi di sekolah ini bagus, jadi kami ingin memanfaatkannya secara optimal untuk pembelajaran, ujar Bu Dewi sambil mengantarkan kami ke ruang workshop.

Diawali dengan presentasi Ines Puspita tentang apa dan mengapa CN diperlukan, pelatihan hari itu berjalan lancar. Ines mengupas problema yang dihadapi oleh guru dan siswa di sekolah.

Pelatihan Course Networking

Pelatihan Course Networking di Sinar Cendekia

Lazimnya, guru berhadapan dengan kurikulum yang berlapis, siswa yang beraneka, pekerjaan administratif, juga terbatasnya waktu untuk mengembangkan diri.

Sementara itu, siswa pun tak kalah sibuk. Mereka lahir sebagai digital natives, yang akrab dengan aneka gadget dan media sosial. Tugas sekolah mereka banyak, ditambah aneka les.

Sebagian orangtua mengambil jalan pintas memangkas penggunaan media sosial agar tidak mengganggu belajar—tapi anak-anak selalu lebih pintar mencari cara.

Atas berbagai kondisi yang hanya kita nukil sebagian, CN menawarkan pilihan lain, sebuah sistem manajemen  pembelajaran. Learning Management System (LMS).

Presentasi CN oleh Ines Puspita

Presentasi CN oleh Ines Puspita

Semua aktivitas sekolah, kelas, hingga anak per anak bisa terintegrasi dalam satu jaringan. Pemberian tugas, menyusun file bahan ajar, komunikasi dengan berbagai pihak terkait, hingga pengelolaan administrasi sekolah berada dalam jejaring yang bisa diakses dengan mudah.

Bagi siswa, selain berfungsi sebagai kelas, CN bisa menjadi media sosial yang aman karena bebas iklan. Penggagasnya, Dr. Ali Jafari bersama Indiana University, berkomitmen untuk menjaga CN dari posting di luar jalur pendidikan. Aktivitas online siswa dan guru (:-p) lebih mudah dilacak, sehingga siap dipakai ketika diperlukan.

Bagi guru, sistem manajemen ini terutama pekerjaan administratif, karena pemberian tugas, penilaian, dan pengarsipan bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat dan terorganisir. Guru bisa berjejaring dengan guru di sekolah lain hingga negara lain untuk bertukar bahan ajar, bahkan saling ber-video conference dengan kelas lain. Mengundang para ahli untuk hadir di kelas secara virtual juga sangat memungkinkan, dan banyak ahli yang bersedia—gratis.

Bagi orangtua, mengakses perkembangan belajar anak tidak perlu menunggu saat penerimaan rapor. Aktivitas CN yang dilakukan anak-anak mereka akan memberikan gambaran.

Bagi penyelenggara sekolah, koordinasi bisa dilakukan dengan relatif mudah dan murah. Tak perlu selalu mengambil jam mengajar maupun hari libur guru untuk rapat koordinasi. Laporan ke pihak berwenang seperti Dinas Pendidikan juga tidak perlu membebani guru dengan penyusunan laporan tambahan di akhir tahun, karena CN telah mengarsipkan silabus demi silabus yang pernah dimasukkan guru sejak awal pembelajaran.

Praktik menggunakan Course Networking

Praktik menggunakan Course Networking

Last but not least, Ines Puspita menyampaikan bahwa teknologi diciptakan bukan untuk memesinkan manusia. Pembelajaran melalui tatap muka langsung tetap yang terbaik, karena semua indera bisa terlibat. Namun ketika tatap muka langsung menhadapi  kendala jarak, waktu, dan biaya, teknologi bisa menjembataninya.

Setelah presentasi, tibalah saat praktik.

Diawali dengan membuat akun masing-masing, dan saling meng-add, suasana jadi segar. Salah satu guru membuat connexus sekolah, dan langsung mengundang guru lain untuk bergabung. Tak ada kesulitan berarti. Berikutnya, tinggal telusuri satu demi satu fungsinya. Learning by Doing. 

Sekolah mana berikutnya?

Related post:

Course Networking. Apa itu?

Sign Up CN

Sign Up CN? Click this🙂

One thought on “Pelatihan Course Networking di Sinar Cendekia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s