Sekolah Perempuan

Sekolah Perempuan Saat ini saya bersama teman-teman mengelola sebuah sekolah bernama Sekolah Perempuan. Program yang kini berjalan adalah pelatihan menulis selama tiga bulan dengan target menyelesaikan satu naskah siap kirim ke penerbit.  Setiap angkatan memfasilitasi sekitar 30 peserta didik, dan angkatan ketiga mulai belajar tanggal 8 Februari 2014. Sesuai dengan namanya, pengajar dan peserta Sekolah Perempuan adalah kaum perempuan. Kelas diselenggarakan secara offline dan online. Pesertanya tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk para ibu yang bermukim di luar negeri.

Kelas Offline Sekolah Perempuan

Kelas Offline Sekolah Perempuan

Kelas offline diadakan setiap Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB di Sekolah Perempuan, Jl. PLN Dalam No. 1/203D (Jalan Mohammad Toha) Bandung, Jawa Barat.

Kelas Online Sekolah Perempuan via Facebook

Kelas Online Sekolah Perempuan via Facebook

Kelas online diadakan setiap Sabtu pukul 14.00-17.00 WIB melalui grup Facebook, Skype, dan webinar.  Penyampaian materi, diskusi, dan penugasan, semua dilakukan secara online.

Kelas Online Sekolah Perempuan (webinar). Foto: Rin Priyani

Kelas Online Sekolah Perempuan (webinar).                  Foto: Rin Priyani

Perlahan-lahan, secara bertahap, para ibu ini belajar menggunakan sarana belajar virtual yang bisa diakses melalui gawai (gadget) masing-masing. Sungguh, belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan di usia berapa saja🙂

Kelas Online Sekolah Perempuan (Skype), Foto: Rin Priyani

Kelas Online Sekolah Perempuan (Skype),                      Foto: Rin Priyani

Selain menerima materi tentang kepenulisan, setiap peserta juga memperoleh kesempatan untuk menjalani coaching menulis dengan mentor yang berpengalaman. Mereka memperoleh bimbingan secara pribadi selama tiga bulan untuk menyelesaikan sebuah naskah buku. Bahagia sekali melihat alumni Sekolah Perempuan yang kian menunjukkan produktivitas dalam menulis dan aktif berkarya. Materi yang diberikan: 1. Ide: Menangkap dan mengelolanya 2. Membuat outline naskah 3. Menulis novel bagi pemula 4. Riset dalam penulisan 5. Kalimat dan paragraf 6. Writer blocks dan manajemen waktu

Sekolah Perempuan Angkatan II

Sekolah Perempuan Angkatan II

7. Membidik pasar buku 8. Editing dan Revisi 9. Membuat proposal naskah ke penerbit 10. Promosi buku sebelum dan sesudah terbit 11. Branding bagi penulis 12. Proses penerbitan buku Para pengajar: Indari Mastuti (Founder, Bandung, Jabar) Anna Farida (Kepala Sekolah, Bandung, Jabar) Ida Fauziah (Mentor, Johor, Malaysia) Nurul Asmayani  (Mentor, Kalimantan Selatan) Julie Nava (Mentor, Michigan, Amerika Serikat)

Cek kabar terkini di website Sekolah Perempuan.

Humas:

Kartikowati DH (Atie) 

Pin BB 5199200C

WA/SMS 0878 2466 5032

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s