Menyusun PTK itu Gampang

ptkTatap muka melalui kopi darat, jumpa ide melalui buku. Salah satu cara saya bertemu dengan teman-teman guru berbagai belahan dunia adalah membaca karya mereka. Melalui foto-foto pembelajaran kreatif di media sosial, status atau kicauan yang menggugah imajinasi, hingga tulisan di blog yang sarat informasi, mereka bicara.

Ameliasari T Kesuma. Teman saya yang satu ini adalah guru ekonomi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Salatiga. Sebagai guru di sekolah formal, gaya mengajarnya istimewa. Aneka terobosan unik dia lakukan, demi memberikan kesempatan kepada murid-muridnya belajar dengan cara yang seharusnya.

Dengan prinsip itu pula dia menulis buku Menyusun PTK itu Gampang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) lazim dilakukan oleh guru untuk melakukan refleksi atas pembelajaran yang berlangsung di kelas. Melalui buku ini terlihatlah jembatan yang nyaman antara materi pelajaran yang sarat hafalan dan teori dengan praktik  pembelajaran yang konteksual. Misalnya, dia memadukan materi uang dan bank dengan prinsip pengelolaan uang sehari-hari yang dilakukan murid. Aktivitas membuat anggaran berdasarkan uang saku ditutup dengan beramai-ramai menyerbu bank terdekat untuk membuka rekening tabungan. Inilah jembatan yang saya maksud, berupa aktivitas yang melibatkan aspek fisik dan emosional dalam pembelajaran.

Gagasan sebuah buku bisa sampai ke ruang kesadaran pembaca ketika penulisnya bukan hanya berbagi cerita, namun mengajak pembaca berbincang. Tampilan buku ini menarik, padat–kurang dari 100 halaman—dengan permainan tabel berwarna, seperti obrolan yang menyegarkan. Tahap-tahap penelitian dipaparkan dengan sederhana, melalui contoh nyata dan bonus CD berisi penelitian yang telah dipublikasikan.

Setelah membacanya, saya yang bukan guru ekonomi pun mendadak merasa bisa mengampu mata pelajaran ini dengan mudah. Ehm, merasa bisa, bukan bisa🙂

Amelia hendak menyampaikan bahwa kelas yang datar akan menghasilkan PTK yang lurus-lurus saja, sementara kelas yang dinamis akan membuat guru bersemangat menyusun PTK-nya. Itu benang merah yang saya peroleh, pesan tersirat yang tertangkap. Mau pilih yang lurus atau yang dinamis, dengan buku ini menyusun PTK tetap jadi gampang. Coba saja.

Pesan buku ini di sini.

One thought on “Menyusun PTK itu Gampang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s