Resensi Buku: Belajar Kata Secara Asyik

TTS Cari Kata Seputar Islam - Anna Farida

TTS Cari Kata Seputar Islam – Anna Farida

Resensi ini ditulis oleh teman SMS-an yang penuh pesona, punya gaya bahasa istimewa, Rohyati Sofjan.

DATA BUKU             : TTS & CARI KATA SEPUTAR ISLAM

PENULIS                    : ANNA FARIDA

PENERBIT                 : QIBLA/BHUANA ILMU POPULER

CETAKAN                 : PERTAMA, JULI 2014

TEBAL                       : 84 HALAMAN

ISBN                           : 978-602-249-663-2

HARGA                      : Rp29.000,00

 

BIASANYA dengan cara bagaimanakah Anda belajar mengenai kata, lama maupun baru? Kata yang terbentuk dari bahasa ibu kita atau yang lumrah terdengar maupun terbaca? Kata dari bahasa asing sendiri, yang kerap atau jarang kita gunakan?

Ada jutaan kata bertebaran. Kita kerap menggunakannya meski bisa jadi tidak menyadari artinya secara linguistik, tanpa bersandar teori ilmu bahasa tertentu. Kata-kata bisa menjadi umum dan akrab penggunaannya, atau khusus dan jarang digunakan; sesuai sifat kata sendiri sebagai penyusun kalimat dalam bahasa universal manusia.

Ada banyak cara bagi kita untuk belajar mengenai kata baru atau lama, dengan menyimak percakapan atau bacaan, secara audio atau audio visual. Dan dalam zaman internet sekarang ini, kian mudahlah bagi kita untuk belajar mengenal kata dari milis, blog, group Facebook, sampai jejaring sosial lainnya.

Anna Farida, penulis buku produktif, jeli mengambil celah peluang pengenalan kata dengan menyusun buku TTS & Cari Kata.  Dalam biodata di halaman akhir kita akan mengenal bagaimanakah sosok Anna sendiri. Melalui sejumlah buku pendidikan yang ditulisnya, Anna menyampaikan pesan bahwa belajar bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Anna adalah kepala sekolah dan mentor menulis di Sekolah Perempuan, pembicara di berbagai pelatihan editing, dan penerjemah buku. Di komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis, Anna mengasuh kelas “Ingat EYD”. Berbagi wawasan tentang ejaan yang disempurnakan dan bahasa Indonesia melalui obrolan ringan, sesekali dengan cara bercanda. Dengan cara demikian, Anna berharap agar kecintaan bangsa Indonesia terhadap bahasanya tetap terjaga.

Jika di antara Anda ada yang suka mengisi TTS di koran atau majalah, buku ini barangkali bisa menjadi karib. TTS & Cari Kata Seputar Islam lebih tebal dan khusus. Agak rumit tapi tak mengesampingkan rasa asyik. Di sana kekayaan kosakata Anna bertebaran.

30 halaman TTS dengan puluhan ragam variasi kolom untuk diisi, berikut kunci jawabannya,  terasa tidak sembarangan pilihan kosakatanya. Ada banyak kata yang berbobot dan kerap tidak kita ketahui atau pedulikan maknanya, kita diajak berpikir sekaligus mencerna. Meski, terus terang, saya alami kesulitan dan tak pernah bisa penuh mengisi kolom karena ada banyak kolom yang berdiri sendiri sekaligus tidak bertautan dengan kolom lain yang lebih mudah, sehingga kerap terpaksa mencontek kunci jawabannya di bagian belakang. Barangkali Anna bisa mempertimbangkan tingkat kesulitan buku TTS yang disusunnya, bahwa kata sulit sebaiknya disandingkan dengan beberapa kata yang lebih mudah dalam tautan kolom.

Dalam bagian 30 halaman cari kata, masing-masing ada 40 kata bermakna di antara huruf yang berserakan. Anda bisa menemukannya dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, bawah ke atas, dan diagonal atas bawah; masih lebih dirasa mudah karena konsistensi tautan abjadnya.

Nilai tambah dari TTS & Cari Kata Seputar Islam adalah pengetahuan tentang Islam. Wawasan baru bisa Anda temukan. Ingatan dan pengetahuan yang telah lama Anda miliki pun jadi bangkit kembali. Dengan kata lain, Anna mengajak kita untuk belajar Islam jadi seru, penuh tantangan, dan menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s