Naik Roller Coaster Bersama Remaja

Kulwap-2 Keluarga Sehati

Bagi remaja, kekhawatiran orangtuanya bisa diartikan sebagai sikap tidak percaya atau curiga. Perhatian yang diberikan orangtua seperti “Sudah mandi? Semua buku sudah dibawa? Alarm sudah dipasang?” sekarang terdengar seperti ungkapan “Kamu harus selalu diingatkan karena kamu masih kecil.” Anehnya, kalau yang bertanya tentang hal-hal kecil itu adalah teman-temannya, dia merasa enjoy saja. Tapi begitu hal yang sama ditanyakan oleh orangtuanya, dia merasa kedewasaannya diragukan.

Gimana, dooong?

Setiap Sabtu, 13.00-14.00 WIB, bersama Bu Elia Daryati dan saya saya (iya, Anna Farida), kita akan merumpikan aneka topik pengasuhan anak dan pernikahan.

Gratis, terbatas.
Anda bisa mendaftarkan nomor WA ke Suci Shofia, pemilik http://www.uchishofia.wordpress.com

uchishofia

ilustrasi: komangsuardika.blogspot.com ilustrasi: komangsuardika.blogspot.com

Banyak orangtua yang mengaku kehilangan rasa percaya diri begitu anak-anak beranjak remaja. Ketika anak masih kecil, Anda adalah orangtua yang mesra, penuh kasih, suka memeluk, suka bercanda, dan menjadi idola anak. Tapi, begitu anak mulai belasan tahun, rasanya semua berangsur hilang. Anak tak lagi suka dipeluk—apalagi di depan umum.

Dia tak mau diajak berbincang lama-lama, lebih memilih bercanda dengan teman-temannya, dan cenderung mudah tersinggung. Susah, deh, bicara sama Bapak. Beneran aku nggak gitu. Bapak nggak mau ngerti aku, sih!

Anda barangkali sudah berusaha mengerti perasaannya, membaca bahasa tubuhnya, menyesuaikan diri dengan dunianya, menerima teman-temannya, tapi selalu saja ada yang meleset. Anda sudah merasa banyak mengalah, merasa banyak diam, tapi dia merasa bahwa Anda tidak cukup mau mengerti. Yang jelas, ada saja celah untuk konflik, kadang karena hal-hal sepele.

Di usia belasan, anak mulai punya keinginan yang kuat untuk menjadi “diri sendiri,” padahal dia sendiri belum yakin dengan dirinya…

View original post 324 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s